Wednesday, November 26, 2008

Penguat Sinyal 3G

  • pipa paralon PVC. Intinya menurut buku pak Onno, kita pake pipa pralon diameter 4” yang panjangnya harus lebih dari 23 cm. Biar gampang tukang di toko bangunan buat motongnya, karena minimal belinya 1 meter, aku minta dipotong jadi 2 masing-masing stengah meter. Harga : 4 ribu
  • Tutup pipa paralon. Harga : 2 ribu
  • Selotip Lakban / sticker spotlight alumunium buat melapisi luar Paralon. Bisa juga pake Alumunium Foil, satu gulung 11 ribu. Dah lebih-lebih.
  • Mur dan sekrup medium. Gratis. Nyopot dari lemari :P

sketsa penguat sinyal 3g

Langkah 1: Ambil 1 pipa paralon stengah meter. Buat lubang kecil di bagian sisi pada posisi 6.8cm untuk masuknya kabel USB modem 3G. Bolonginnya pake pisau cutter aja lebih gampang. Jangan pake linggis. Pecah dong!

Langkah 2: Lapisi seluruh permukaan pipa pralon menggunakan lakban/aluminium foil yang lem pake double tape (isolasi bolak-balik).

Langkah 3: Lubangi lakban aluminium pada posisi 6.8cm tempat kabel USB modem 3G akan di masukan. Lapisi pinggiran lubang USB modem 3G dengan lakban aluminium agar nantinya ground USB modem 3G akan bersentuhan dengan lakban aluminium. Nggak juga gak apa-apa. Gak dosa.

Langkah 4: Bolongi tutup dop paralon di tengah-tengah. Pastikan mur & sekrup dapat masuk ke dalamnya. Mur & sekrup nantinya digunakan untuk memasang antenna bazoka ke tiang kalau diperlukan. Lapisi tutup dop pralon dengan lakban alumium. Pastikan di sisi pinggiran dop ada cukup lakban aluminium agar nantinya tersambung ke aluminium yang ada di badan pipa paralon. Ujung Paralon yg ditutup dop hanya satu, yg satu dibiarin terbuka.

Langkah 5: Masukkan kabel USB modem 3G dari lubang kecil di samping, masukkan modem dari ujung Bazooka yg gak tertutup dop. Colokin. Done. Bazooka 3G siap beraksi.


Pen-Minator

Langkah 6…paling penting..: Pelajaran yang aku dapet dalam pengukuran antenna bazoka 3G bahwa antenna ini mempunyai sudut arah yang sangat sempit. Kita harus tahu betul dimana lokasi base station 3G yang kita tembak. Kesalahan mengarahkan antenna akan menyebabkan sinyal drop dan kecepatan juga akan drop.

Aku telpon Customer Service IndosatM2 tanya lokasi station 3G yang deket kost. Arahin bazooka ke sana, sambung ke komputer…coba konek. Kalau perlu ditaruh di posisi yg tinggi, kita perlu kabel USB yg cukup panjang. Buat memperpanjang kabel USB, bisa dilihat di sini.

Berikut ini hasil sinyal full bar yg didapet modem 3G setelah pakai antenna bazooka pipa paralon PVC penguat sinyal setelah mengarahkan ke arah yg benar :

SEBELUM pake antenna bazzoka 3G

SETELAH pake antenna bazzoka 3G

Dan ini hasil speedtes.net setelah pakai antenna bazooka pipa paralon PVC penguat sinyal setelah mengarahkan ke arah yg benar :

Secara umum hasil pengukuran yang saya lakukan tidak berbeda jauh hasilnya antara antenna wajanbolic e-goen dan bazoka 3G. Hanya saja, sepertinya antenna bazoka 3G lebih sensitif terhadap arah kesalahan dalam mengarahkan antenna akan berakibat sinyal hilang sama sekali.

2 comments:

The TattooDesign101 said...

Halo boss,

Hasil full copy-paste kok gak dicantumin sumber artikel aslinya?
Biar sama-sama menghargai lah.
http://www.trieffendi.com/technology/penguat-sinyal-3g.html

The TattooDesign101 said...

Maksudnya postingan yang Penguat Sinyal 3g