Wednesday, November 26, 2008

Internet 3G fast

Hari ini aku ucapkan selamat tinggal buat koneksi internet dial up yang sudah menemani malam-malam sendiriku selama 2,5 tahun di kamar kost. Sekarang sudah waktunya merasakan enaknya berselancar pake jaringan 3G.

Dari yang biasanya cuma merangkak sekitar 56 kbps sekarang sudah bisa lari-lari kecil sampai 300-an kbps.. Sayang cuma pake hape LG KU250 yang dijadi’in modemnya. Coba kalo pake Huawei 3G USB modem…bisa sampai megabytes itungannya. Tapi harga modemnya mahal..2 jutaan. Gak apa-apa lah…begini aja sudah lumayan bisa lari-lari kecil.

TriEffendi.com - Broadband indosatm2 3G

UPDATED 14 Mar 2008 :

TriEffendi.com - Broadband indosatm2 3G - speedtest.net

TriEffendi.com - Broadband indosatm2 3G - bandwith meter

Bagi yang belum tau apa yang mesti di setting kalau mau pakai hape sebagai modem 3G, berikut ini yang aku kerjain.

  • aku daftar account 3G di indosatm2. Kebetulan lagi ada paket baru yang ekonomis (=murah-meriah) dan cocok buat anak kost (yang kere tapi keren ini…). Paket Eco. Cuma 160rb per bulan dapet 500mb. Sistem bayarnya post-paid (kayak sistemnya naek becak….pake dulu bayar belakangan) dengan kartu kredit apa pun.
  • dari indosat aku dapet username, password, sama selembar info berisi cara setting
  • di hape LG KU250 aku setting di menu Setting –> Network –> Network mode pilih UMTS, terus di Setting –> Network –> Access Point bikin 1 Access Point baru berisi info Bearer (pilih UMTS), authentification (pilih PAP), username, password. dan APN (ketik indosatm2).
  • colokin kabel data menghubungkan hape ke komputer. Kalau belum terinstal drivernya ya install aja dulu.
  • Bikin koneksi internet dial up baru di komputer menu Control Panel –> Network Connection. Masukin username, password, dan nomor yang dihubungi (*99#).
  • Jangan lupa di Properties koneksinya tab Security pilih PAP.

    TriEffendi.com - Broadband indosatm2 3G
  • Abis gitu bisa dicoba konek.

Rencananya mau langganan pake software xp nitro juga biar lebih irit dan lebih cepet. Semacam Acceleratornya 3G Indosat. Murah lah…80rb buat 3 bulan. Sebelumnya sudah pakai xp nitro waktu masih koneksi yang dial up dan memang terbukti lebih cepet dan hemat quota.

1 comment:

The TattooDesign101 said...

Waduh..terima kasih...yang ini juga hasil copy paste full kata-kata ya???
Dari [http://www.trieffendi.com/blog/setting-koneksi-internet-3g.html]