Wednesday, November 26, 2008

Access Point Gigabyte GN-APO1G

Artikel terkait

Beri Komentar

RSS Feed

Belum ada rating

Beri Rating :
Kamis, 11 September 2008 | 17:00 WIB

Access point ini terbilang sangat sederhana, mengingat di bagian belakang badannya hanya terdapat satu konektor kabel RJ45 untuk LAN. Antena lepas-pasang juga hanya satu, sehingga transmisi data harus bergantian antara kirim dan terima.

Kisi-kisi di bagian kanan dan kiri Gigabyte GN-APO1G cukup membantu melancarkan sirkulasi udara dalam badan access point ini untuk mencegah panas yang berlebihan. Bentuk fisiknya yang cukup ringkas dan bobotnya yang ringan membuatnya cukup fleksibel untuk ditempatkan di manapun.

Penambahan metode administrasi dan konfigurasi Gigabyte GN-APO1G lewat instalasi aplikasi yang disertakan cukup pantas dihargai. Tujuannya yaitu untuk mengantisipasi kompatibilitas browser web yang biasa digunakan untuk mengonfigurasi access point.

Standar enkripsi WPA yang disertakan Gigabyte GN-APO1G dapat menjadi pengamanan awal dalam komunikasi data. Demikian pula, fasilitas MAC address filter dapat digunakan untuk mencegah pengguna ilegal mengasosiasikan diri ke dalam access point.

Ketika diuji kekuatan transmisi sinyalnya, Gigabyte menyajikan kinerja yang sedikit di bawah batasan standar yang digunakan, yaitu standar G (54 Mbps). Pengujian yang kami lakukan dengan perangkat lunak NetIQ Chariot dan melibatkan USB wireless adapter Gigabyte GN-WBKG menunjukkan troughput tertinggi pada angka 16,042 Mbps. Troughput terendah pada angka 10,980 dan rata-ratanya pada 13,637 Mbps. Angka ini ada di bawah 27 Mbps (setengah dari 54 Mbps). Pembagian dua dilakukan karena standar G belum mendukung sistem penerimaan dan pengiriman paket data dalam satu waktu (full-duplex).

Kestabilan sinyal transmisi masih belum masksimal, dilihat dari bentuk kurva pengujian yang naik-turun pada interval yang relatif besar. Hal ini menunjukkan bahwa Gigabyte GN-APO1G sebaiknya tidak digunakan untuk melayani pengguna yang terlalu banyak sehingga lalu lintas data menjadi padat.

Selain berfungsi sebagai access point, Gigabyte GN-APO1G juga dapat berfungsi sebagai bridge yang akan berkomunikasi dengan access point lain serta memperkuat sinyal sehingga daya jangkau komunikasi data bertambah. Dengan mengatur kesamaan channel pada access point-access point yang akan berkomunikasi dan memasukkan nomor kartu jaringan (MAC address) access point-access point itu ke dalam tabel WDS, maka Gigabyte GN-APO1G akan dapat berkomunikasi dengan access point lain dan berfungsi sebagai bridge.

***

Access point Gigabyte GN-APO1G ini dapat memenuhi kebutuhan jaringan nirkabel yang sederhana. Dengan kata lain, mencukupi untuk lalu lintas paket data yang tidak terlalu padat.

Plus : Konfigurasi dan administrasi sistem cukup mudah; fungsi sebagai bridge; dilengkapi fasilitas upgrade firmware.

Minus: Kestabilan sinyal belum maksimal.

Spesifikasi: Access Point Gigabyte GN-APO1G

Standar

IEEE802.11b/g.

Port

1 port RJ-45 (LAN).

Mode operasi

Access point, bridge.

Kecepatan transfer data

54 Mbps.

Kekuatan transmisi

18 dBm.

Fitur

· DHCP server.

· Enkripsi paket data standar WPA & WPA-PSK.

· MAC address filtering.

· WDS untuk konfigurasi bridge.

· Statistik paket data.

· Upgrade firmware.

Dimensi

110 X 160 X 25 mm.

Bobot

240 gram.

Kelengkapan

· Power adapter AC/DC 5 Volt, 2 Ampere.

· CD & buku user manual.

· Kabel RJ 45.

Garansi

1 tahun.

Situs web

www.gigabyte.com.tw

Kontak

Nusantara Eradata, telepon (021)6018218.

Kisaran harga

USD 55 (GN-APO1G), USD 35 (GN-WBKG).

Skor Penilaian

Penggunaan : 4

Fitur : 3

Harga : 4

Kinerja : 3

Total : 3,8

No comments: